Laporkan Penyalahgunaan

Langsung ke konten utama

Makanan Khas Pangandaran

 Hallo guys bejumpa lagi dengan saya hehehe. Nah guys kalian tau gak sih kalo Kabupaten Pangandaran memiliki wisata dan kuliner yang sangat banyak.Untuk para wisatawan kuliner Pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan - makanan khas Pangandaran. Untuk pembahasan kali ini saya akan merekomendasikan Makanan Khas Pangandaran yang bisa kalian cicipi bila mampir ke sini. 

1.Pindang Gunung 

   Untuk yang pertama yaitu Pindang Gunung.Buat kalian nih yang suka makanan berkuah kuning dan menyegarkan bisa kalian coba membeli atau membuat Pindnag Gunung ini. Pindang Gunung sendiri berbahan dasar Ikan laut yang di masak dengan bumbu kuah kuning yang terbuat dari kunyit dan rempah rempah lain juga keunikan nya Pindnag Gunung sering sekali menggunakan bumbu tambahan yaitu daun kedongdong sehingga menambah cita rasa asam segar. Makanan ini cocok sekali di nikmati dengan nasi hangat di pagi hari, dengan menawarkan rasa yang berbeda Pindag Gunung ini cukup di sukain para wisatawan. Pindnag Gunung sendiri bisa kalian temukan di Rumah makan - Rumah makan yang ada di Pangandaran. 


2.Jus Honje Laka

   Rekomendasi yang kedua ini menyajikan segar nya jus honje dengan tampilan menarik serta rasa yang enak. Terbuat dari Honje Laka yang mempunyai rasa asam segar di padukan dengan air gulu membuat rasa minuman ini sangat enak jika di santap sore sore dengan di tambahkan es batu. Honje Laka sendiri adalah buah kecombrang yang memiliki warna merah pekat dengan buah yang cukup besar. Jus Honje Laka sendiri bisa kalian temui di kedai - kedai atau di rumah makan - rumah makan yang menyediakan minuman tersebut. 



3.Jambal Roti

   Untuk yang ketiga yaitu ada Jambal Roti. Oleh - oleh Jambal roti ini cukup di minati wisatawan dan bisa di jadikan oleh oleh untuk di bawa pulang ke kota atau kampung kalian. Terbuat dari ikan yang di permentasi dengan garam, di jemur di bawah sinar matahari sampai kering membuat Jambal Roti awet dan enak.Jambal Roti bisa kita nikmati dengan cara di olah seperti di goreng kering, di jadikan tumis ataupun di jadi olahan lain sesuai kesukaan kalian. Jambal Roti ini banyak sekali di jual di Kios - Kios yang berada di pesisisr pantai, dengan menawarkan harga yang cukup murahdan kualitas baik. 


4.Warung Sate Galunggung

Di sekitar Jalan Kidang Panajung, Pangandaran, ada satu warung sate legendaris yang terkenal. Nama tempatnya ialah Warung Sate Galunggung.Di Warung sate ini kalian dapat menikmati enak nya sate bakar dengan potongan daging besar yang di hidangkan bersama bumbu kacang yang sangat legit. Selain sate ada juga menu lain yang sama enaknya, seperti sup kambing, sup buntut, dan sup kaki sapi. Warung Sate Galunggung ini Sudah ada dari tahun 1970 .Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 20.000. Bukanya pukul 10.00-23.00 WIB. 


5.Opak Cikalong

    Hallo guys, nah untuk makanan khas pangandaran lainnya yang bisa kalian coba yaitu Opak Cikalong. Dengan rasa yang gurih, renyah dan enak, sangat cocok bila di hidangkan dengan segelas kopi di pagi ataun sore hari. Opak ciklaong sendiri terbuat dari campurkan tepung ketan dengan santan kelapa ditambah garam secukupnya lalu dicetak dan dijemur dibawah sinar matahari untuk selanjutnya dibakar.Bila kalian ke Pangandaran boleh menjadi Opak Ciklaong ini sebagai Oleh - Oleh Khas dari Pangandaran. 





Komentar